Pentingnya Rutin Check Up untuk Kesehatan


Kesehatan adalah rezeki berharga yang jarang dimasukkan dalam daftar kekayaan seseorang. Padahal umumnya semua orang rela menghabiskan semua hartanya untuk bisa sehat kembali alias sembuh dari sakit yang diderita. 

Dengan badan yang sehat semua menjadi lebih nikmat. Bandingkan dengan orang sakit. Tidak boleh makan ini itu meski bisa membelinya, tidak bebas beraktivitas, bahkan sampai harus menjadi ‘kembang ranjang’ alias berbaring terus.

Faktanya kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung menunggu untuk mengobati daripada mencegah. Meski banyak yang mengetahui dan membenarkan gagasan ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’. Kenyataannya, kegiatan pencegahan tidak hanya lebih baik, tetapi juga lebih mudah dilakukan ketimbang harus mengobati.

Satu di antara kegiatan pencegahan adalah dengan pemeriksaan kesehatan (check up) secara rutin. Nah, kebiasaan salah yang kerap dilakukan adalah pergi ke rumah sakit atau ke dokter untuk memeriksakan kesehatan setelah muncul keluhan. Jika belum ada keluhan, maka tidak perlu check up. 

Alasan yang paling santer terdengar adalah biaya. Kebiasaan yang bertujuan untuk mengurangi pengeluaran tersebut, sebenarnya bukanlah langkah cermat untuk menghemat. 

Karena jika sudah sakit, biaya yang dikeluarkan justru lebih banyak.
Memeriksakan kesehatan secara rutin idealnya dilakukan 6—12 bulan sekali. 

Pemeriksaan ini sangat penting untuk mencegah kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa Anda. Karena adakalanya suatu penyakit menyerang tanpa membuat seseorang merasakan sakit terlebih dahulu, contohnya diabetes atau kencing manis. 

Dengan memeriksakan kadar gula darah, akan diketahui apakah darah dengan kadar gula sekian normal untuk seseorang di usia sekian. Jika memang tidak normal akan lebih mudah ditangani karena gejalanya lebih awal terdeteksi. 

Bandingkan dengan yang tidak rutin check up, baru akan periksa jika sudah merasa sakit. Setelah diperiksa ternyata kadar gula darah sangat tinggi, resmi menderita diabetes. Jika sudah begitu, pengobatan pun akan lebih sukar dilakukan dan risiko terburuk adalah kematian.
Berdasar hal di atas, check up hendaknya rutin dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit. Tidak hanya menjaga pola makan dan berolah raga, check up secara rutin juga menjadi bagian dari pola hidup sehat. Bukankah sehat sumber bahagia?

Baca juga : CARA MENGOBATI AMANDEL TANPA MELAKUKAN OPERASI

Halaman Selanjutnya >>

Subscribe To Get Best Articles!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar